Wednesday, December 7, 2011

Mengukur Kemampuan Istima'

By MOHD ZACK  |  10:24 PM 2 comments


  1. Pengetian istima'
Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa didalam bahasa arab ada empat maharoh (kemampuan dasar) yang harus dimiliki. Yaitu Istima' (menyimak), qira'ah (membaca), kitabah (menulis) dan kalam (berbicara). Keempat maharah ini harus berjalan bersama untuk hasil yang lebuh baik. Dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab diperlukan juga cara-cara untuk evalusi dari masing-masing maharoh tersebut.
Pada hakikatnya, pemahaman umum pada suatu teks bersumber dari pemahaman terhadap unsur-unsur tertentu yang menunjang pemahaman umum tersebut. Dan unsur-unsur ini tergantung pada kemampuan pengajar untuk membedakan beberapa suara. Agar suara tersebut jelas, maka dibutuhkan pemahaman utuh seorang pengajar, hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan mufrodat yang diterima oleh siswa. Penilaian istima' ini dibedakan menjadi dua, yaitu membedakan suara (tamyiiz al-ashwat) dan pemahaman teks yang didengar (fahm al-masmu').
Salah satu kemampuan yang sangat penting dalam berbahasa adalah kemampuan menyimak. Setiap individu dituntut untuk mempunyai kemampuan menyimak yang benar. Pernyataan ini beralasan karena kemampuan menyimak merupakan suatu bentuk kegiatan dalam berkomunikasi. Dapat dikatakan bahwa seseorang tidak akan dapat berbicara dengan orang lain atau merespon tuturan orang lain, tanpa memahami isi tuturan tersebut atau tanpa memiliki kemampuan menyimak. Bahan tes menyimak yang perlu diperhatikan adalah:

a.       Tingkat kesulitan wacana
b.      Isi dan cakupan wacana disesuaikan dengan keadaan psikoogis testee, termasuk didalamnya memperhatikan minat dan kebutuhan testee.
c.       Jenis-jenis wacana (deskripsi, narasi, eksposisi, dan argumentasi).[1]
Secara garis besar, indicator kompetensi yang diukur dalam kemampuan menyimak adalah identifikasi bunyi (tamyiz al-ashwat) dan pemahaman terhadap apa yang didengar (fahm al-masmu').
  1. Identifikasi bunyi (tamyiiz al-ashwat)
Ketika menguji siswa dalam kelas sebaiknya kita memilih hanya beberapa bunyi huruf yang dirasa sulit bagi siswa, sehingga tidak membuang-buang waktu. Seorang guru harus bisa mengidentifikasi kesulitan-kesulitan dasar yang dialami oleh siswa. Hal ini bisa disandarkan pada analisis kontrastif antara dua bahasa. Yaitu bahasa asli siswa (dalam hal ini bahasa Indonesia) dan bahasa Arab.[2]
Diantara contoh untuk mengukur kemampuan Istima' dalam hal identifikasi bunyi adalah:
1.      Melafalkan ulang kata yang diperdengarkan
استمع وردّد!
مدرس
تلميذ

مدرس
تلميذ
صوت
صوت

جمال
جمال
سماء
سماء

جبل
جبل
جمل
جمل

جِبال
جِبال

2.      Identifikasi bunyi Syiddah
استمع وعيّن الكلمة التي فيها شدة بوضع علامة (v) في المربعة!
رقم
أ
ب
ت
1
حَمَلَ
حَمَّال
حامِل
2
كَسَبَ
يَكْسِبُ
كسَّاب
3
سوق
السُّوق
سائق
4
خفّ
خائف
يخاف
5
أمل
تأمّل
الأمل
6
فرح
يفرح
فرّح
الأجوبة:
رقم
أ
ب
ج
1

V

2


V
3

V

4
V


5

V

6


V

3.      Identifikasi bunyi yang mirip[3]
Dengarlah kata-kata berikut ini, dan tulislah jawabanmu dengan: A untuk kata yang mengandung bunyi (ص), dan B untuk kata yang mengandung bunyi (س).
Guru memperdengarkan:
1-      سار
2-      صار
3-      صاحب
4-      ساحب
Siswa menjawab sebagai berikut:
1.             B
2.             A
3.             A
4.             B
4.      Identifikasi dari segi makna
Pilihlah jumlah yang sesuai maknanya dengan jumlah yang diucapkan oleh guru.
1-      الجملة: "حذرته من إحضار هذا الحيوان القذر"
أ‌-        لا أريد أن يأتي بقلبه القذر.
ب‌-    لا أريد أن يأتي بكلبه القذر.
2-      الجملة: "لقد نفد الوقود ونحن في وسط الصحراء"
أ‌-        نحن الآن في محنة.
ب‌-    نحن الآن في مهنة.
Disini jelas dalam contoh pertama perbedaan antara kalimat (قلب) dan (كلب), dan dalam contoh kedua perbedaan antara (محنة) dan (مهنة).
5.      Identifikasi suara berdasarkan kaidah nahwu
Simaklah Jumlah berikut ini, tentukanlah kalimat (معلم) apakah mufrod atau jamak. Jawablah A jika mufrod dan B jika jamak.
Murid mendengarkan:
1-      خرج معلمو الصف
2-      خرج معلم الصف
3-      مررت بمعلمي الصف
4-      مررت بمعلم الصف
Murid meyiapkan jawaban sebagai berikut:
1.      B
2.      A
3.      B
4.      A
6.      Membedakan antara Mudzakkar dan Mu'annats[4]
Bedakanlah kalimat akhir dari jumlah berikut ini mudzakkar atau mu'annats. Jawab A apabila mudzakkar dan B apabila muannats.
Murid mendengarkan guru:
1-      في الصف خمسة عشرة طالبة.
2-      كتبت خمسة عشرة طالبا.
3-      جاء موسى وسلمى.
4-      ما جاءت سلمى ولا موسى.
5-      سنصلي يوما في مسجد الأقصى.
Murid menyediakann jawaban:
1.      B
2.      A
3.      B
4.      A
5.      A
  1. Pemahaman terhadap apa yang didengar (Fahm al-Masmu').
Maharah (ketrampilan) menyimak mempunyai hubungan yang kuat dengan maharah kalam (berbicara), dan jarang sekali dipisahkan antara keduanya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti terlihat dalam komunikasi yang memadukan antara kedua maharah tersebut. Berikut beberapa contoh soal untuk mengukur kemampuan fahm al-masmu'.
1.      Menguji kefahaman dari benda/gambar yang dilihat
a.       Menggunakan gambar mufrodat dalam pertanyaan benar atau salah



Dengarkanlah kosakata yang diucapkan guru, kemudian lihatlah gambar di buku/layar. Apabila pernyataan sesuai dengan gambar maka jawablah (v) jika salah maka jawablah (x).

هذه السفينة.
الإجابة: صواب (v)
b.      Menggunakan beberapa gambar untuk pilihan
Lihatlah gambar berikut, kemudian dengarkanlah baik-baik apa yang diucapkan guru. Lingkarilah huruf yang menunjukkan jawaban yang paling benar.
أ
ب
ج
استمع: الولد ينام
الإجابة الصحيحة: (ب)
2.      Merespon ujaran berupa kalimat melalui gerak
1-      اجر إلى الباب برجل واحد
2-      أقفل عينك ثم امش كالأعمى
3-      قرب فمك من أذن صديقك
4-      يا محمد أشر إلى النافدة
5-      يا عبد الله, تعال إلى هنا
6-      يا سلام ضع الطلاسة على المكتب
Jawablah dalam bentuk peragaan
a.       Siswa lari ke pintu dengan satu kaki
b.      Siswa menutup mata dan berjalan seperti orang buta
c.       Siswa mendekatkan mulutnya ke telinga teman
d.      Muhammad menunjuk jendela
e.       Abdullah menuju ke penutur
f.       Salim meletakkan penghapus diatas meja.
3.      Memahami teks sederhana dalam bentuk dialog (menentukan fakta atau informasi tersurat)
استمع الحوار الآتي ثم أجب الأسئلة
الحوار (1)
قاسم       : كم وجبة تأكل في اليوم؟
سالم       : آكل ثلاث وجبات: الفطور والغداء والعشاء.
قاسم       : هذا كثير جدا, أنا آكل وجبة واحدة.
سالم       : هذا قليل جدا.
الأسئلة:
1-      كم وجبت يأكل سالم في اليوم؟
2-      كم وجبت يأكل قاسم في اليوم؟
الأجوبة:
1-      ثلاث وجبات
2-      وجبة واحدة
4.      Memahami teks sederhana dalam bentuk narasi (menentukan informasi tersurat atau fakta, menentukan informasi tersirat, dan menyimpulkan).[5]
استمع إلى النص الآتي ثم أجب الأسئلة!
راشد يذهب إلى السوق, راشد يريد قميصا. هذا قسم القمصان. هذا قمصان جميلة. هذا قميص أبيض, وهذا قميص أصفر, وهذا قميص أحمر. القميص الأبيض بعشرين ريالا, والقميص الأصفر بثلاثين ريالا, والقميص الأحمر بأربعين ريالا. راشد يريد القميص الأبيض. راشد يحب اللون الأبيض, ولا يحب اللون الأحمر.
الأسئلة:
1-      بكم القميص الأبيض؟ (menanyakan informasi tersurat)
2-      هل في السوق قسم الملابس النسائية؟ (menanyakan informasi tersirat)
3-      ما الفكرة الرئيسية في النص؟ (menyimpulkan)
الأجوبة:
1-      عشرين ريالا
2-      نعم
3-      راشد يشتري القميص.
5.      Menulis angka dengan cepat
اكتب ما يملى عليك من أعداد في الجمل التالية, لا تكتب الجمل اكتب العدد فقط.
1-      كان حشدا هائلا؛ إذا بلغ عدد الحضور تسعة آلاف ومئتين وعشرة.
2-      اشتريت كتاب "فقه السنة" بسبعين ريالا ونصف الريال.
3-      صلاة الجمعة ستكون في الثانية عشرة إلا ربعا.
الجواب:
1-      9210
2-      70,5
3-      11:45
6.      Imla' (dikte)
Siswa diberikan teks yang dihilangkan sebagian untuk selanjutnya disempurnakan dengan mendengar ujaran dari guru.[6]
أخبار القادسية
أثناء معركة القادسية كان عمر ابن الخطاب يخرج كل يوم ويسير في شوارع المدينة............., ليعرف أخبار المعركة, وكان يسأل القادمين عن الأخبار, فرأى رجل على الناقة يسير مسرعا نحو المدينة, فسأله عمر: من أين؟ قال الرجل: من القادسية, فقال عمر: يا عبد الله حدثني؟ فقال الرجل............., وانتصر المسلمون, وقتل رستم ومعه قواد كثيرون ...................... عن المعركة وهو على ناقته وعمر يسير على قدميه حتى دخل المدينة, فأخذ عمر يسلم على الناس فيرد الناس عليه: وعليكم السلام يا أمير المؤمنين, فنزل الرجل وقال لعمر: لماذا لم تخبرني رحمك الله بأنك ....................؟ فقال عمر: لا ........................., وقدم الرجل لعمر رسالة من سعيد بن أبي وقاص, فأخذها عمر ....................., وسمع أهل المدينة ........................., وأصبحوا في ........................

الكلمات على التوالي كما يلي: (حتى يصل خارجها – هزم الله العدو – واستمر القادم يتكلم – الخليفة – عليك يا أخي – وقرأها في المسجد – أخبار النص – سعادة وسرور).
Demikian, masih banyak lagi contoh-contoh soal pengukuran kemampuan istima' yang tidak bisa disebutkan dalam makalah ini satu per satu.


[1]M. Ainin Dkk. Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab, Misykat (Malang:2006) Hlm: 135.
[2] M. Abdul Kholiq Muhammad, Ikhtibaarat al-lughah, Jami'ah al-Maalik as-Su'ud (Riyadh: 1989) Hal. 110.
[3] M. Ainin Dkk. Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab, Misykat (Malang:2006) Hlm: 158.
[4] M. Abdul Kholiq Muhammad.. Ibid.. Hlm: 112.
[5] M. Ainin.. Ibid Hal: 163.
[6] M. Abdul Kholiq Muhammad.. Ibid.. Hlm: 151.

Author: MOHD ZACK

Assalamu'alaikum, Saya Penulis di blog ini, silakan Share jika tulisan ini bermanfaat. Terima Kasih atas kunjungan anda. Kritik dan saran silakan di poting di kolom komentar.

2 comments:

  1. assalamu'alaikum .. salam ta'dim kepada ustadz.
    saya sekarang sedang menyelesaikan tugas akhir dan membutuhkan kitab sebaimana tercantum pada bbibliografi no 2. jika ustadz berkenan saya boleh minta alamat download kitab tsb atau jika mgkn beli, didaerah mana yg trsedia.? syukron

    ReplyDelete

E-mail Newsletter

Kirim alamat E-mail anda untuk mengikuti pembaruan dari kami.

Recent Articles

© 2015 Waajibaty | Distributed By Zacky | Created By Zacky
TOP