Sudah hampir tiga Tahun tidak
posting di blog ini, kali ini saya akan posting tentang Media Pembelajaran. Sesuai
dengan kesibukan sehari-hari yaitu sebagai Guru Bahasa Arab di salah satu
Madrasah Aliyah di Mojokerto, yang cukup menguras tenaga dan waktu sehingga tidak
sempat untuk Posting blog. Baik, langsung saja, Cekidot.
Manual
Media Pembelajaran
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Arab
|
Materi/Pokok bahasan
|
:
|
Al-Hiwayah (Profesi/Pekerjaan)
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/Genap
|
Bahan
|
:
|
Software Hot Potatoes, Kertas. Dll
|
Nama Media
|
:
|
TTS (Al-Kalimah Al-Mutaqatta’ah)
|
Indikator
|
:
|
Siswa mampu memahami secara
spontan teks yang telah diberikan dan secara kelompok dapat menjawab
pertanyaan yang diajukan dalam bentuk teka-teki silang.
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Arab
|
Materi/Pokok bahasan
|
:
|
Al-Siyahah (Pariwisata)
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI/Genap
|
Bahan
|
:
|
Software Hot Potatoes, Kertas. Dll
|
Nama Media
|
:
|
TTS (Al-Kalimah Al-Mutaqatta’ah)
|
Indikator
|
:
|
Siswa mampu memahami secara
spontan teks yang telah diberikan dan secara kelompok dapat menjawab
pertanyaan yang diajukan dalam bentuk teka-teki silang.
|
Langkah-langkah
Pembuatan dan Penggunaan:
- Persiapan
1.
Guru memilih suatu topic cerita dalam Bacaan/teks.
2.
Guru mencari kata-kata sulit yang kemudian di buat
untuk teka-teki silang.
3.
Guru membuat Clue/pertanyaan TTS tersebut.
4.
Guru mencetak kertas kerja berisi TTS dan pertanyaan.
5.
Guru membuat kertas Undian sejumlah kelompok.
- Pelaksanaan
1.
Guru membagi siswa menjadi 4-5 kelompok.
2.
Guru membagikan kertas kerja pada masing-masing
kelompok.
3.
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawaban dari
masing-masing pertanyaan sekitar 20-30 menit bersama kelompoknya masing-masing.
4.
Siswa Nampak sibuk mencari jawaban. Setiap kelompok
diberikan 3/5 kesempatan untuk bertanya kepada guru.
5.
Masing-masing kelompok diberikan modal nilai 50 point.
Jika kesempatan bertanya digunakan, maka modal di kurangi 10 point, begitu
seterusnya.
6.
Setelah waktu untuk diskusi habis, guru memberikan
kesempatan pada perwakilan kelompok untuk mengambil kertas undian.
7.
Kelompok yang mendapatkan nomor undian 1 diperbolehkan
memilih soal dan menjawabnya, disusul dengan kelompok dengan nomor undian 2
dst.
8.
Setelah selesai 3 putaran masing-masing kelompok, guru
memandu siswa untuk mengikuti babak Rebutan.
9.
Setiap kelompok diminta untuk menunjuk perwakilan
sebagai juru bicara.
10.
Guru membacakan pertanyaan kemudian memberikan
kesempatan kepada kelompok yang paling cepat angkat tangan untuk menjawab. Jawaban
benar nilai 10 jawaban salah nilai -5.
11.
Dan seterusnya sampai pertanyaan terjawab semuanya.
Kelebihan
dan kekurangan media:
- Kelebihan
1.
Format media dalam bentuk permainan dan kompetisi,
sehingga dapat memberikan dorongan untuk menyelesaikannya.
2.
Dapat juga digunakan untuk menguji kekompakan siswa
dalam team kerja.
- Kekurangan
1.
Apabila guru tidak bisa mengendalikan kelas, situasi
kelas akan memungkinkan chaos/kacau.
2.
Menimbulkan suara yang gaduh dan ramai. Dll.
3.
Hanya dapat digunakan dalam pembelajaran
Qiraah/mufrodat saja.
bagaimana cara pembuatan media ini ?
ReplyDeletemungkin ini bisa menjadi judul untuk skripsi saya,,terima kasih atas bantuan nya ...
Dengan Aplikasi Hot Potatoes mas..
Delete