Saturday, April 25, 2015

TEKA-TEKI SILANG

By Unknown  |  6:54 PM 2 comments


Sudah hampir tiga Tahun tidak posting di blog ini, kali ini saya akan posting tentang Media Pembelajaran. Sesuai dengan kesibukan sehari-hari yaitu sebagai Guru Bahasa Arab di salah satu Madrasah Aliyah di Mojokerto, yang cukup menguras tenaga dan waktu sehingga tidak sempat untuk Posting blog. Baik, langsung saja, Cekidot.
Manual Media Pembelajaran
Mata Pelajaran
:
Bahasa Arab
Materi/Pokok bahasan
:
Al-Hiwayah (Profesi/Pekerjaan)
Kelas/Semester
:
X/Genap
Bahan
:
Software Hot Potatoes, Kertas. Dll
Nama Media
:
TTS (Al-Kalimah Al-Mutaqatta’ah)
Indikator
:
Siswa mampu memahami secara spontan teks yang telah diberikan dan secara kelompok dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dalam bentuk teka-teki silang.


Mata Pelajaran
:
Bahasa Arab
Materi/Pokok bahasan
:
Al-Siyahah (Pariwisata)
Kelas/Semester
:
XI/Genap
Bahan
:
Software Hot Potatoes, Kertas. Dll
Nama Media
:
TTS (Al-Kalimah Al-Mutaqatta’ah)
Indikator
:
Siswa mampu memahami secara spontan teks yang telah diberikan dan secara kelompok dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dalam bentuk teka-teki silang.
Langkah-langkah Pembuatan dan Penggunaan:
  1. Persiapan
1.       Guru memilih suatu topic cerita dalam Bacaan/teks.
2.       Guru mencari kata-kata sulit yang kemudian di buat untuk teka-teki silang.
3.       Guru membuat Clue/pertanyaan TTS tersebut.
4.       Guru mencetak kertas kerja berisi TTS dan pertanyaan.
5.       Guru membuat kertas Undian sejumlah kelompok.
  1. Pelaksanaan
1.       Guru membagi siswa menjadi 4-5 kelompok.
2.       Guru membagikan kertas kerja pada masing-masing kelompok.
3.       Guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawaban dari masing-masing pertanyaan sekitar 20-30 menit bersama kelompoknya masing-masing.
4.       Siswa Nampak sibuk mencari jawaban. Setiap kelompok diberikan 3/5 kesempatan untuk bertanya kepada guru.
5.       Masing-masing kelompok diberikan modal nilai 50 point. Jika kesempatan bertanya digunakan, maka modal di kurangi 10 point, begitu seterusnya.
6.       Setelah waktu untuk diskusi habis, guru memberikan kesempatan pada perwakilan kelompok untuk mengambil kertas undian.
7.       Kelompok yang mendapatkan nomor undian 1 diperbolehkan memilih soal dan menjawabnya, disusul dengan kelompok dengan nomor undian 2 dst.
8.       Setelah selesai 3 putaran masing-masing kelompok, guru memandu siswa untuk mengikuti babak Rebutan.
9.       Setiap kelompok diminta untuk menunjuk perwakilan sebagai juru bicara.
10.   Guru membacakan pertanyaan kemudian memberikan kesempatan kepada kelompok yang paling cepat angkat tangan untuk menjawab. Jawaban benar nilai 10 jawaban salah nilai -5.
11.   Dan seterusnya sampai pertanyaan terjawab semuanya.
Kelebihan dan kekurangan media:
  1. Kelebihan
1.       Format media dalam bentuk permainan dan kompetisi, sehingga dapat memberikan dorongan untuk menyelesaikannya.
2.       Dapat juga digunakan untuk menguji kekompakan siswa dalam team kerja.
  1. Kekurangan
1.       Apabila guru tidak bisa mengendalikan kelas, situasi kelas akan memungkinkan chaos/kacau.
2.       Menimbulkan suara yang gaduh dan ramai. Dll.
3.       Hanya dapat digunakan dalam pembelajaran Qiraah/mufrodat saja.

Author: Unknown

Assalamu'alaikum, Saya Penulis di blog ini, silakan Share jika tulisan ini bermanfaat. Terima Kasih atas kunjungan anda. Kritik dan saran silakan di poting di kolom komentar.

2 comments:

  1. bagaimana cara pembuatan media ini ?
    mungkin ini bisa menjadi judul untuk skripsi saya,,terima kasih atas bantuan nya ...

    ReplyDelete

E-mail Newsletter

Kirim alamat E-mail anda untuk mengikuti pembaruan dari kami.

Recent Articles

© 2015 Waajibaty | Distributed By Zacky | Created By Zacky
TOP