A.
Isytighal
1.
Isytighal
ialah Apabila ada fi’il yang jatuh setelah isim dhohir, tetapi fi’il tersebut
tidak dapat beramal seperti isim dhohir (ma’mulnya) karena fi’il tersebut sudah
beramal terhadap dhomir yang kembali kepada isim dhohir, contoh: زيدا ضربته
dengan mengira-ngirakan fi’il yang dibuang mungkin adalah: ضربت زيدا ضربته
2.
Beberapa
istilah yang sering digunakan dalam Isytighal, antara lain:
- Masyghul ‘anhu / isim sabiq yakni;
isim dhohir yang mendahului fi’il.
- Masyghul yakni; fi’il yang jatuh
setelah isim dhohir.
- Syaghil yakni; isim dhomir yang
kembali kepada masyghul ‘anhu.
3.
Isim
sabiq didalam isytighal mempunyai 5 hukum bacaan: ( wajib dibaca nashab, wajib
dibaca rafa’, boleh dibaca2 wajah lebih baik nashab, sama bolehnya rafa’ dan
nashab, dan dibaca 2 wajah tetapi lebih baik dibaca rafa’ )
4.
Isim
sabiq wajib dibaca nashab, apabila: Setelah adat (huruf) yang khusus pada
kalimat fi’il, yakni; Adat syarat, seperti إن والدكم
تكر موه يحببكم الله;
Adat tahdlidl ( memerintah dengan halus ), seperti هلا أباكم
تكر مونه;
Adat istifham selain hamzah, sepertiأين زينب
لقيتها ؟ هل زيدا أكرمته ؟
5.
Isim
sabiq wajib dibaca rafa’, apabila:
- Setelah adat yang khusus masuk pada
permulaan kalam, seperti; Setelah ,اذا فجائية contoh:خرجت فإذن زيد ضربه خالد;
Setelah ,إنما
contoh:إنما الوالدان اكر متهما; Setelah , واو حال
contoh:دخلت ففي المدرسة والألفية يحفظها التلاميذ
- Sebelum adat yang lafadz sesudahnya
( adat ) tidak beramal terhadap isim sabiq, adat tersebut adalah: Adat
Syarat, Istifham, tahdidh, Ibtida', Ma Nafi, dan Isim Maushul.
6.
Isim
sabiq boleh dibaca 2 wajah tetapi lebih baik dibaca nashab, bila;
- Sebelum fi’il bermakna tholab
yakni: Fi’il amar, contoh:الألفية
أحفظوها;
Fi’il Nahi,contoh:التنزه لا تشتغله; Fi’il Do’a, contoh:المرضى شفاهم الله
- Setelah adat yang umumnya masuk
pada fi’il, yakni: Ma nafi, contoh:ما
اللعب اشتغلته;
La nafi, contoh: لا الظالمين نصرتهم; Hamzah istifham, contoh: أدرسكم تحفظونها
- Setelah huruf Athaf yang mengathofkan
isim sabiq pada ma’tuf alaih yang menjadi ma’mulnya fi’il yang mendahului
isim sabiq, dan antara isim sabiq dan huruf athafnya tidak ada pemisah.
Ma’mul nashab, contoh:حفظت الدروس والمعلم أكرمته; Ma;mul Rafa’, contoh:دخل التلاميذ و الألفية يحفظونها.
7.
Isim
sabiq boleh dibaca 2 wajah ( rafa’ dan nashab ) dan hukumnya sama, apabila isim
sabiq terletak setelah huruf athof yang sebelumnya didahului jumlah yang
memiliki 2 wajah, yaitu jumlah yang mubtada’nya berupa isim dan khobarnya
fi’il, contoh:زيد قام و عمر و أكرمته
8.
Isim
sabiq boleh dibaca 2 wajah tetapi lebih baik dibaca rafa’ bila tidak memenuhi
atau termasuk salah satu dari hal-hal diatas, contoh:زيد ضربته boleh juga dibaca زيدا ضربته . Dibaca rafa’ dengan tanpa mentaqdirkan
(mengira-ngirakan) fi’il yang dibuang.
B.
Ikhtishos
1.
Ikhtishash adalah mengkhususkan
suatu hukum yang disandarkan pada isim dlamir (dikhsusukan) pada isim
ma’rifat yang jatuh setelahnya dan diamalkan atau dinashabkan) oleh
lafadz أَخُصُّ yang
wajib dibuang.
2.
Faktor yang Mendorong Terbentuknya
Ikhtishash
- Adakalanya
untuk membanggakan diri: نحو: عَلَيَّ أَيُّهَا الْكَرِيْمُ يَعْتَمِد
- Adakalanya
untuk tawadlu’ (merendahkan diri): نحو: إِنِّي أَيُّهَا
الْعَبْدُ فَقِيْرٌ إِلَى عَفْوِ رَبِّي
- Dan
adakalanya untuk menjelaskan maksud dari isim dlamir: نحو: نَحْنُ الْعَرَبُ
أَقْرَى النَّاسِ لِلضَّيْفِ
3.
Bentuk Ikhtishash dan Perbedaannya:
- Tanpa
menggunakan huruf nida’
- Harus
didahului oleh kalimat (yang berupa dlamir mutakallim/mukhattab).
- Harus
terdiri dari isim ma’rifat (selain isim isyarah) dan yang banyak
berupa lafadz أَيَّتُهَا/أَيُّهَا yang disifati dengan isim yang
bersamaan dengan al (yakni tanpa lafadz أَيَّةُ/أَيّ )
atau berupa isim yang dimudlafkan pada isim yang bersamaan dengan أل.
نحو: أَرْجُوْنِي أَيُّهَا
الْفَتَى لِلسَّعْيِ فِي تَحْقِيْقِ أُمْنِيَتِكُمْ
4.
Lafadz yang dijadikan
tarkib ikhtishash banyak jatuh setelah dlamir mutakallim نَحْنُ الْعُرْبَ أَوْفَى
النَّاسِ بِالْعُمُوْدِ dan kadang-kadang juga jatuh
setelah dlamir mukhattab بِكَ – اللهُ – أَرْجُوْ تَجَاحَ الْقَصْدِ dan
tidak ada sama sekali yang jatuh setelah dlamir ghaib, lafadz yang
dijadikan tarkib ikhtishash wajib dibaca nashab baik dimudlafkan
atau tidak kecuali jika berupa laafdz أَيُّهَاatau أَيَّتُهَا maka ia dimabnikan dlommah sedang
lafadz yang jatuh setelahnya wajib dibaca rafa’.
C.
Ighra' Dan Tahdir
1.
Tahdzir adalah : memperingati mukhatab
akan suatu yg tidak disenangi agar dihindari, contoh: إياك والغيبةَ
2.
Tahdzir ada dua macam :
- Menggunakan
إياك
dan kawan-kawannya (إياكم, إياكما) dalam hal ini maka wajib
membuang/menyimpan Amil yg menashabkan secara mutlaq (baik menyertai Athaf
atau tidak, baik amilnya diulang-ulang atau tidak). إياك والتهاونَ بالصلاة
- Tanpa menggunakan إياك dalam hal ini tidak wajib menyimpan
Fi’il/Amil nashab, kecuali menyertai Athaf atau Tikrar (pengulangan). الكذبَ والخداعَ
3.
Ighra' adalah menganjurkan untuk berbuat
baik. Ighra' mempunyai beberapa komponen:
- Al- Mughri: Mukhottob.
- Al-Mughra: Mutakallim.
- Al-Mughra Bih: Sesuatu yang
terpuji.
4.
Ighra' mempunyai pola sebagai berikut:
- Mengulangi Mughra Bih: الصلاة الصلاة
- Menyebutkan mughra bih dan
mengatofkannya pada mughra bih yang lain: الإخلاص والطاعة
- Menyebutkan mughra bih dan
memudhafkannya pada dhamir mukhatab: أخاك أخاك
D.
At-Ta'ajjub
1.
Taajjub adalah ungkapan yang
mengisyaratkan rasa takjub/kagum terhadap suatu hal baik atau buruk.
2.
Ta'ajjub ada dua macam:
a.
Ta'ajjub tanpa kaidah yang hanya dapat
diketahui memalui suatu qarinah atau ungkapan yang menunjukkan maksud ta'ajjub.
Seperti: سبحان
الله
- Ta'ajjub
qiyasi/istilahi. Yaitu ta'ajjub yang mengikuti kaidah nahwu. Dalam hal ini
ada dua wazan ما أفعله و أفعل به contoh: ما أجمل السماء/أجمل
بالسماء
3.
Wazan dalam ta'ajjub qiyasi mempunyai
beberapa syarat, antara lain:
- Fi'il
madhi
- Fi'il
tsulasi, tidak bisa membuat sighat ta'ajjub dengan fi'il gahiru tsulasi
kecuali fi'il ruba'I yang mengikuti wazan أَفْعَل
- Bukan
fi'il Jamid, dalam artian fi'il mutashorrif.
- Fi'il
yang dimaksudkan ta'ajjub dapat menerima tambahan.
- Fi'il
tam, tidak bisa dengan kana wa akhwatuha.
- Bukan
fi'il nafi.
- Bukan
sifat musyabbahah pada wazan أَفْعَل
- Bukan
fi'il mabni majhul.
4.
Apabila fi'il yang dikehendaki untuk
ta'ajjub tidak memenuhi syarat-syarat diatas, meka bisa menggunakan fi'il
pembantu yang mengisyaratkan makna ta'ajjub, sepert أشدد/أشدّ contoh: ما أشدّ حمرته/أشدد بحمرته
E.
Al-Madh
Wa Adz-Dzam
1.
Dalam penggunaan madh wa dzamm ada
beberapa rukun, yaitu: Fi'il, Fa'il dan al-Makhsus. Seperti contoh:
الأسلوب
|
أركان
المدح والذم
|
||
الفعل
|
فاعل
|
المخصوص
|
|
المدح
|
نعم
|
الفاتح
|
عمرو
|
الذم
|
بئس
|
القول
|
شهادة
الزور
|
2.
Fi'il Ni'ma adalah isim jamid (tidak ada
bentuk madhi dan Mudhori'nya) yang menunjukkan pujian. Bi'sa adalah fi''il
jamid yang mengisyaratkan celaan. Keduanya tidak terpengaruh oleh adat dan
boleh di ta'nist kan. Seperti contoh: نغمت الصفة حب الوطن.
3.
Fa'il, dengan salah satu ketentuan
sebagai berikut:
a.
Terdapat al ta'rif.
b.
Dimudhofkan pada al.
c.
Dhomir bersama isim nakiroh.
d.
Isim mausul (ma/man).
4.
Makhsus: isim yang dikehendaki untuk
dipuji atau dicela. Dengan ketentuan sbb;
a.
Selalu di I'rabi mubtada' sedangkan
jumlah madh/dzam (fi'il dan fa'il) adalah khobar mubtada'.
b.
Makhsus boleh mendahului fa'il, contoh: الكتاب نعم الصديق
5.
Terkadang digunakan lafadz (جبذا) dan (لا حبذا) sebagai penganti ni'ma dan bi'sa. Apabila
menggunakan lafadz ini maka fa'ilnya adalah (ذا) dan makhsusnya adalah mubtada'.
F.
Uslub
Qasam
1.
Qasam/sumpah mempunyai beberapa rukun.
Dalam hal ini berdasarkan contoh: والله إن الغدر لأقبح الطباع
rukun qasamnya sebagai berikut:
a.
Huruf Qasam: الواو
b.
Al-Muqsam bih: الله
c.
Jawab qasam: إن الغدر لأقبح
2.
Diantara Huruf qasam adalah sebagai
berikut:
a.
Ba', boleh menyebutkan fi'il qasam,
Contoh: وأقسموا
بالله جهد أيمانهم
b.
Waw, tidak disertai dengan fi'il qasam,
contoh: والشمس
وضحاها
c.
Ta', tidak disertai dengan fi'il qasam
dan dikhususkan pada lafad jalalah: وتالله لأكيدن أصنامكم
3.
Dalam uslub qasam terdapat jumlah jawab
qasam yang dalam penerapannya dalam I'rab tidak mempunyai makhal, contoh: والقرآن الحكيم إنك لمن
الرسلين
dalam hal ini lafadz إنك لمن الرسلين sebagai jawab qasam dan tidak mempunyai
makhal dalam I'rab.
4.
Jawab qasam mengikuti salah satu dari
beberapa macam pola sebagai berikut:
a.
Jawab qasam merupakan jumlah fi'liyah
(Madhi).
b.
Jawab qasam merupakan jumlah yang
didalamnya terdapat laisa dan tidak idsertai dengan lam dan qad.
c.
Jawab qasam merupakan jumlah fi'liyah
(Madhi) manfiyah.
d.
Jawab qasam merupakan jumlah fi'liyah (mudhori')
disertai lam dan nun taukid.
e.
Jawab qasam merupakan jumlah fi'liyah
(mudhori') manfi.
f.
Jawab qasam merupakan jumlah ismiyah
ghairu manfi.
g.
Jawab qasam merupakan jumlah ismiyah
manfi.
5.
Jawab qasam boleh di buang seperti
terdapat di beberapa ayat dalam al-Qur'an, contoh: ق والقرآن المجيد pada ayat ini jawab Qasam dibuang dengan
taqdir: إنك
لمنذر
berdasarkan dalil: وعجبوا أن جاءهم منذر منهم
6.
Lam Al-Mauthu'ah adalah lam yang masuk
pada إن
شرطية
untuk menjelaskan bahwa jawab qasam setelahnya dimabniakan atas lam tersebut
bukan untuk syarat. Contoh: لئن أخرجوا لا يخرجوا معهم.
G.
Jumlah
Yang Mempunyai Mahal Dalam I'rab
1.
Jumlah yang berkedudukan sebagai khobar,
contoh: إن
المنافقين يخادعون الله
2.
Jumlah yang berkedudukan sebagai Khal,
contoh: وجاءوا
أباهم عشاء يبكون
3.
Jumlah yang berkedudukan sebagai Maf'ul
pada makhal nashab, contoh: قال إني عبد الله.
4.
Jumlah yang berkedudukan sebagai mudhof
ilaih, contoh: يوم تبيض وجوه وتسود وجوه.
5.
Jumlah yang terletak setelah idza atau
fa' al-fuja'iyyah sebagai jawab syarat jazm dan mempunyai Makhal Jazm, contoh: فأن انتهوا فإن الله بما
يعملون بصير
6.
Jumlah yang berkedudukan sebagai sifat,
contoh: كنتم
خير أمة أخرجت للناس
7.
Jumlah yang mengikuti pada jumlah yang
mempunyai kedudukan dalam I'rab, contoh: علي نجح و رسب زيد
H.
Jumlah
Yang Mempunyai Mahal Dalam I'rab
1.
Jumlah ibtida'iyah (yang terletak di
awal kalimat), contoh: علي مجتهد
2.
Jumlah isti'nafiyah, yaitu jumlah yang
terputus dari jumlah sebelumnya, contoh: قل سأتلوا عليكم منه ذكرا إنا مكنا له
في الأرض
3.
Jumlah I'tiradhiyah (berlawanan/berbandingan).
a.
Diantara fi'il dan fa'il: جاء أظن علي
b.
Diantara mubtada' dan khobar: علي أظن مجتهد
c.
Diantara fi'il dan fa'il: وبدلت والدهر ذو
تبديل
d.
Diantara syarat dan jawab: فإن لم تفعلوا ولن تفعلوا
فاتقوا النار
e.
Diantara qasam dan jawab qasam: فلا أقسم بمواقع النجوم وإنه
لقسم لو تعلمون عظيم إنه لقرآن الكريم
f.
Diantara maushuf dan sifat: وإنه لقسم لو تعلمون
عظيم
g.
Diantara isim maushul dan silahnya: جاء الذي أظن نجح
h.
Diantara bagian-bagian silah: والذين كسبوا السيئات جزاء
سيئة بمثلها وترهقهم ذلة
i.
Diantara dua jumlah yang berdiri
sendiri: فأتوهن
من حيث أمركم الله إن الله يحب التوابين ويحب المتطهرين نساءكم حرث لكم.
4.
Jumlah yang menafsirkan jumlah
sebelumnya, contoh: وأسروا النجوى الذين ظلموا هل هذا إلا بشر مثلكم
5.
Jumlah jawab qasam, contoh: والقرآن الحكيم إنك لمن
الرسلين
6.
Jumlah yang berkedudukan sebagai jawab
syarat bukan jazm, contoh: وإنا إذا أذقنا الإنسان منا رحمة فرح بها
7.
Jumlah Silah Maushul, contoh: إن الذين قالوا ربنا
الله
8.
Jumlah yang mengikuti pada jumlah yang
tidak mempunyai makhal dari I'rob, contoh: قام زيد وقعد علي
Daftar
Pustaka
Sulaiman,
Mahmud Yaqut. 1996. Al-Nahw al-Ta'limy. (Kuwait: Maktabah al-Manar
al-islamiyah).
Ni'mah,
Fu'ad. Mulakhos Qawaid al-Lughah Al-Arabiyyah.
Al-Ghalayani,
Musthafa. 1993. Jami' al-Durus al-Arabiyyah. (Beirut: Al-Maktabah Al-Ashriyah)
Ibnu
Aqil. 1980. Syarh Ibnu Aqil 'ala Alfiyah Ibnu Malik. (Kairo: Dar al-Turats)
0 komentar: