Monday, August 27, 2012

Bentuk-bentuk Khusus Dalam Ilmu Nahwu

By MOHD ZACK  |  8:45 PM No comments


A.     Isytighal
1.       Isytighal ialah Apabila ada fi’il yang jatuh setelah isim dhohir, tetapi fi’il tersebut tidak dapat beramal seperti isim dhohir (ma’mulnya) karena fi’il tersebut sudah beramal terhadap dhomir yang kembali kepada isim dhohir, contoh: زيدا ضربته dengan mengira-ngirakan fi’il yang dibuang mungkin adalah: ضربت زيدا ضربته
2.       Beberapa istilah yang sering digunakan dalam Isytighal, antara lain:
  1. Masyghul ‘anhu / isim sabiq yakni; isim dhohir yang mendahului fi’il.
  2. Masyghul yakni; fi’il yang jatuh setelah isim dhohir.
  3. Syaghil yakni; isim dhomir yang kembali kepada masyghul ‘anhu.
3.       Isim sabiq didalam isytighal mempunyai 5 hukum bacaan: ( wajib dibaca nashab, wajib dibaca rafa’, boleh dibaca2 wajah lebih baik nashab, sama bolehnya rafa’ dan nashab, dan dibaca 2 wajah tetapi lebih baik dibaca rafa’ )
4.       Isim sabiq wajib dibaca nashab, apabila: Setelah adat (huruf) yang khusus pada kalimat fi’il, yakni; Adat syarat, seperti إن والدكم تكر موه يحببكم الله; Adat tahdlidl ( memerintah dengan halus ), seperti هلا أباكم تكر مونه; Adat istifham selain hamzah, sepertiأين زينب لقيتها ؟ هل زيدا أكرمته ؟
5.       Isim sabiq wajib dibaca rafa’, apabila:
  1. Setelah adat yang khusus masuk pada permulaan kalam, seperti; Setelah ,اذا فجائية contoh:خرجت فإذن زيد ضربه خالد; Setelah ,إنما contoh:إنما الوالدان اكر متهما; Setelah , واو حال contoh:دخلت ففي المدرسة والألفية يحفظها التلاميذ
  2. Sebelum adat yang lafadz sesudahnya ( adat ) tidak beramal terhadap isim sabiq, adat tersebut adalah: Adat Syarat, Istifham, tahdidh, Ibtida', Ma Nafi, dan Isim Maushul.
6.       Isim sabiq boleh dibaca 2 wajah tetapi lebih baik dibaca nashab, bila;
  1. Sebelum fi’il bermakna tholab yakni: Fi’il amar, contoh:الألفية أحفظوها; Fi’il Nahi,contoh:التنزه لا تشتغله; Fi’il Do’a, contoh:المرضى شفاهم الله
  2. Setelah adat yang umumnya masuk pada fi’il, yakni: Ma nafi, contoh:ما اللعب اشتغلته; La nafi, contoh: لا الظالمين نصرتهم; Hamzah istifham, contoh: أدرسكم تحفظونها
  3. Setelah huruf Athaf yang mengathofkan isim sabiq pada ma’tuf alaih yang menjadi ma’mulnya fi’il yang mendahului isim sabiq, dan antara isim sabiq dan huruf athafnya tidak ada pemisah. Ma’mul nashab, contoh:حفظت الدروس والمعلم أكرمته; Ma;mul Rafa’, contoh:دخل التلاميذ و الألفية يحفظونها.
7.       Isim sabiq boleh dibaca 2 wajah ( rafa’ dan nashab ) dan hukumnya sama, apabila isim sabiq terletak setelah huruf athof yang sebelumnya didahului jumlah yang memiliki 2 wajah, yaitu jumlah yang mubtada’nya berupa isim dan khobarnya fi’il, contoh:زيد قام و عمر و أكرمته
8.       Isim sabiq boleh dibaca 2 wajah tetapi lebih baik dibaca rafa’ bila tidak memenuhi atau termasuk salah satu dari hal-hal diatas, contoh:زيد ضربته boleh juga dibaca زيدا ضربته . Dibaca rafa’ dengan tanpa mentaqdirkan (mengira-ngirakan) fi’il yang dibuang.

B.     Ikhtishos
1.       Ikhtishash adalah mengkhususkan suatu hukum yang disandarkan pada isim dlamir (dikhsusukan) pada isim ma’rifat yang jatuh setelahnya dan diamalkan atau dinashabkan) oleh lafadz أَخُصُّ yang wajib dibuang.
2.       Faktor yang Mendorong Terbentuknya Ikhtishash
  1. Adakalanya untuk membanggakan diri: نحو: عَلَيَّ أَيُّهَا الْكَرِيْمُ يَعْتَمِد
  2. Adakalanya untuk tawadlu’ (merendahkan diri): نحو: إِنِّي أَيُّهَا الْعَبْدُ فَقِيْرٌ إِلَى عَفْوِ رَبِّي
  3. Dan adakalanya untuk menjelaskan maksud dari isim dlamir: نحو: نَحْنُ الْعَرَبُ أَقْرَى النَّاسِ لِلضَّيْفِ
3.       Bentuk Ikhtishash dan Perbedaannya:
  1. Tanpa menggunakan huruf nida’
  2. Harus didahului oleh kalimat (yang berupa dlamir mutakallim/mukhattab).
  3. Harus terdiri dari isim ma’rifat (selain isim isyarah) dan yang banyak berupa lafadz أَيَّتُهَا/أَيُّهَا yang disifati dengan isim yang bersamaan dengan al (yakni tanpa lafadz أَيَّةُ/أَيّ ) atau berupa isim yang dimudlafkan pada isim yang bersamaan dengan أل.
نحو: أَرْجُوْنِي أَيُّهَا الْفَتَى لِلسَّعْيِ فِي تَحْقِيْقِ أُمْنِيَتِكُمْ
4.       Lafadz yang dijadikan tarkib ikhtishash  banyak jatuh setelah dlamir mutakallim نَحْنُ الْعُرْبَ أَوْفَى النَّاسِ بِالْعُمُوْدِ dan kadang-kadang juga jatuh setelah dlamir mukhattab بِكَ – اللهُ – أَرْجُوْ تَجَاحَ الْقَصْدِ dan tidak ada sama sekali yang jatuh setelah dlamir ghaib, lafadz yang dijadikan tarkib ikhtishash  wajib dibaca nashab baik dimudlafkan atau tidak kecuali jika berupa laafdz أَيُّهَاatau أَيَّتُهَا maka ia dimabnikan dlommah sedang lafadz yang jatuh setelahnya wajib dibaca rafa’.

C.      Ighra' Dan Tahdir
1.       Tahdzir adalah : memperingati mukhatab akan suatu yg tidak disenangi agar dihindari, contoh: إياك والغيبةَ
2.       Tahdzir ada dua macam :
  1. Menggunakan إياك dan kawan-kawannya (إياكم, إياكما) dalam hal ini maka wajib membuang/menyimpan Amil yg menashabkan secara mutlaq (baik menyertai Athaf atau tidak, baik amilnya diulang-ulang atau tidak). إياك والتهاونَ بالصلاة
  2. Tanpa menggunakan إياك  dalam hal ini tidak wajib menyimpan Fi’il/Amil nashab, kecuali menyertai Athaf atau Tikrar (pengulangan). الكذبَ والخداعَ
3.       Ighra' adalah menganjurkan untuk berbuat baik. Ighra' mempunyai beberapa komponen:
  1. Al- Mughri: Mukhottob.
  2. Al-Mughra: Mutakallim.
  3. Al-Mughra Bih: Sesuatu yang terpuji.
4.       Ighra' mempunyai pola sebagai berikut:
  1. Mengulangi Mughra Bih: الصلاة الصلاة
  2. Menyebutkan mughra bih dan mengatofkannya pada mughra bih yang lain: الإخلاص والطاعة
  3. Menyebutkan mughra bih dan memudhafkannya pada dhamir mukhatab: أخاك أخاك

D. At-Ta'ajjub
1.       Taajjub adalah ungkapan yang mengisyaratkan rasa takjub/kagum terhadap suatu hal baik atau buruk.
2.       Ta'ajjub ada dua macam:
a.       Ta'ajjub tanpa kaidah yang hanya dapat diketahui memalui suatu qarinah atau ungkapan yang menunjukkan maksud ta'ajjub. Seperti: سبحان الله
  1. Ta'ajjub qiyasi/istilahi. Yaitu ta'ajjub yang mengikuti kaidah nahwu. Dalam hal ini ada dua wazan ما أفعله و أفعل به contoh: ما أجمل السماء/أجمل بالسماء
3.       Wazan dalam ta'ajjub qiyasi mempunyai beberapa syarat, antara lain:
  1. Fi'il madhi
  2. Fi'il tsulasi, tidak bisa membuat sighat ta'ajjub dengan fi'il gahiru tsulasi kecuali fi'il ruba'I yang mengikuti wazan أَفْعَل
  3. Bukan fi'il Jamid, dalam artian fi'il mutashorrif.
  4. Fi'il yang dimaksudkan ta'ajjub dapat menerima tambahan.
  5. Fi'il tam, tidak bisa dengan kana wa akhwatuha.
  6. Bukan fi'il nafi.
  7. Bukan sifat musyabbahah pada wazan أَفْعَل
  8. Bukan fi'il mabni majhul.
4.       Apabila fi'il yang dikehendaki untuk ta'ajjub tidak memenuhi syarat-syarat diatas, meka bisa menggunakan fi'il pembantu yang mengisyaratkan makna ta'ajjub, sepert أشدد/أشدّ contoh: ما أشدّ حمرته/أشدد بحمرته

E.      Al-Madh Wa Adz-Dzam
1.       Dalam penggunaan madh wa dzamm ada beberapa rukun, yaitu: Fi'il, Fa'il dan al-Makhsus. Seperti contoh:
الأسلوب
أركان المدح والذم
الفعل
فاعل
المخصوص
المدح
نعم
الفاتح
عمرو
الذم
بئس
القول
شهادة الزور

2.       Fi'il Ni'ma adalah isim jamid (tidak ada bentuk madhi dan Mudhori'nya) yang menunjukkan pujian. Bi'sa adalah fi''il jamid yang mengisyaratkan celaan. Keduanya tidak terpengaruh oleh adat dan boleh di ta'nist kan. Seperti contoh: نغمت الصفة حب الوطن.
3.       Fa'il, dengan salah satu ketentuan sebagai berikut:
a.       Terdapat al ta'rif.
b.      Dimudhofkan pada al.
c.       Dhomir bersama isim nakiroh.
d.      Isim mausul (ma/man).
4.       Makhsus: isim yang dikehendaki untuk dipuji atau dicela. Dengan ketentuan sbb;
a.       Selalu di I'rabi mubtada' sedangkan jumlah madh/dzam (fi'il dan fa'il) adalah khobar mubtada'.
b.      Makhsus boleh mendahului fa'il, contoh: الكتاب نعم الصديق
5.       Terkadang digunakan lafadz (جبذا) dan (لا حبذا) sebagai penganti ni'ma dan bi'sa. Apabila menggunakan lafadz ini maka fa'ilnya adalah (ذا) dan makhsusnya adalah mubtada'.

F.      Uslub Qasam
1.       Qasam/sumpah mempunyai beberapa rukun. Dalam hal ini berdasarkan contoh: والله إن الغدر لأقبح الطباع rukun qasamnya sebagai berikut:
a.       Huruf Qasam: الواو
b.      Al-Muqsam bih: الله
c.       Jawab qasam: إن الغدر لأقبح
2.       Diantara Huruf qasam adalah sebagai berikut:
a.       Ba', boleh menyebutkan fi'il qasam, Contoh: وأقسموا بالله جهد أيمانهم
b.      Waw, tidak disertai dengan fi'il qasam, contoh: والشمس وضحاها
c.       Ta', tidak disertai dengan fi'il qasam dan dikhususkan pada lafad jalalah: وتالله لأكيدن أصنامكم
3.       Dalam uslub qasam terdapat jumlah jawab qasam yang dalam penerapannya dalam I'rab tidak mempunyai makhal, contoh: والقرآن الحكيم ۝ إنك لمن الرسلين dalam hal ini lafadz إنك لمن الرسلين sebagai jawab qasam dan tidak mempunyai makhal dalam I'rab.
4.       Jawab qasam mengikuti salah satu dari beberapa macam pola sebagai berikut:
a.       Jawab qasam merupakan jumlah fi'liyah (Madhi).
b.      Jawab qasam merupakan jumlah yang didalamnya terdapat laisa dan tidak idsertai dengan lam dan qad.
c.       Jawab qasam merupakan jumlah fi'liyah (Madhi) manfiyah.
d.      Jawab qasam merupakan jumlah fi'liyah (mudhori') disertai lam dan nun taukid.
e.       Jawab qasam merupakan jumlah fi'liyah (mudhori') manfi.
f.        Jawab qasam merupakan jumlah ismiyah ghairu manfi.
g.      Jawab qasam merupakan jumlah ismiyah manfi.
5.       Jawab qasam boleh di buang seperti terdapat di beberapa ayat dalam al-Qur'an, contoh: ق ۝ والقرآن المجيد ۝ pada ayat ini jawab Qasam dibuang dengan taqdir: إنك لمنذر berdasarkan dalil: وعجبوا أن جاءهم منذر منهم
6.       Lam Al-Mauthu'ah adalah lam yang masuk pada إن شرطية untuk menjelaskan bahwa jawab qasam setelahnya dimabniakan atas lam tersebut bukan untuk syarat. Contoh: لئن أخرجوا لا يخرجوا معهم.

G.     Jumlah Yang Mempunyai Mahal Dalam I'rab
1.       Jumlah yang berkedudukan sebagai khobar, contoh: إن المنافقين يخادعون الله
2.       Jumlah yang berkedudukan sebagai Khal, contoh: وجاءوا أباهم عشاء يبكون
3.       Jumlah yang berkedudukan sebagai Maf'ul pada makhal nashab, contoh: قال إني عبد الله.
4.       Jumlah yang berkedudukan sebagai mudhof ilaih, contoh: يوم تبيض وجوه وتسود وجوه.
5.       Jumlah yang terletak setelah idza atau fa' al-fuja'iyyah sebagai jawab syarat jazm dan mempunyai Makhal Jazm, contoh: فأن انتهوا فإن الله بما يعملون بصير
6.       Jumlah yang berkedudukan sebagai sifat, contoh: كنتم خير أمة أخرجت للناس
7.       Jumlah yang mengikuti pada jumlah yang mempunyai kedudukan dalam I'rab, contoh: علي نجح و رسب زيد

H.    Jumlah Yang Mempunyai Mahal Dalam I'rab
1.       Jumlah ibtida'iyah (yang terletak di awal kalimat), contoh: علي مجتهد
2.       Jumlah isti'nafiyah, yaitu jumlah yang terputus dari jumlah sebelumnya, contoh: قل سأتلوا عليكم منه ذكرا ۝ إنا مكنا له في الأرض
3.       Jumlah I'tiradhiyah (berlawanan/berbandingan).
a.       Diantara fi'il dan fa'il: جاء أظن علي
b.      Diantara mubtada' dan khobar: علي أظن مجتهد
c.       Diantara fi'il dan fa'il: وبدلت والدهر ذو تبديل
d.      Diantara syarat dan jawab: فإن لم تفعلوا ولن تفعلوا فاتقوا النار
e.       Diantara qasam dan jawab qasam: فلا أقسم بمواقع النجوم ۝ وإنه لقسم لو تعلمون عظيم ۝ إنه لقرآن الكريم
f.        Diantara maushuf dan sifat: وإنه لقسم لو تعلمون عظيم
g.      Diantara isim maushul dan silahnya: جاء الذي أظن نجح
h.      Diantara bagian-bagian silah: والذين كسبوا السيئات جزاء سيئة بمثلها وترهقهم ذلة
i.         Diantara dua jumlah yang berdiri sendiri: فأتوهن من حيث أمركم الله إن الله يحب التوابين ويحب المتطهرين نساءكم حرث لكم.
4.       Jumlah yang menafsirkan jumlah sebelumnya, contoh: وأسروا النجوى الذين ظلموا هل هذا إلا بشر مثلكم
5.       Jumlah jawab qasam, contoh: والقرآن الحكيم ۝ إنك لمن الرسلين
6.       Jumlah yang berkedudukan sebagai jawab syarat bukan jazm, contoh: وإنا إذا أذقنا الإنسان منا رحمة فرح بها
7.       Jumlah Silah Maushul, contoh: إن الذين قالوا ربنا الله
8.       Jumlah yang mengikuti pada jumlah yang tidak mempunyai makhal dari I'rob, contoh: قام زيد وقعد علي



Daftar Pustaka

Sulaiman, Mahmud Yaqut. 1996. Al-Nahw al-Ta'limy. (Kuwait: Maktabah al-Manar al-islamiyah).
Ni'mah, Fu'ad. Mulakhos Qawaid al-Lughah Al-Arabiyyah.
Al-Ghalayani, Musthafa. 1993. Jami' al-Durus al-Arabiyyah. (Beirut: Al-Maktabah Al-Ashriyah)
Ibnu Aqil. 1980. Syarh Ibnu Aqil 'ala Alfiyah Ibnu Malik. (Kairo: Dar al-Turats)




Author: MOHD ZACK

Assalamu'alaikum, Saya Penulis di blog ini, silakan Share jika tulisan ini bermanfaat. Terima Kasih atas kunjungan anda. Kritik dan saran silakan di poting di kolom komentar.

0 komentar:

E-mail Newsletter

Kirim alamat E-mail anda untuk mengikuti pembaruan dari kami.

Recent Articles

© 2015 Waajibaty | Distributed By Zacky | Created By Zacky
TOP