Wednesday, May 4, 2011

Kodifikasi Al-Qur'an

By MOHD ZACK  |  8:28 AM No comments

Sebagai sumber utama bagi umat Islam, Al-Qur'an berperan penting bagi terlaksananya peran utama islam sebagai agama yang universal dan Rahmatan li al-'alamin. Lebih dari empat belas abad al-Qur'an berada di tangan kaum muslimin, berada di ingatan kaum muslimin sebagai hafalan, disinilah janji Allah untuk menjaga al-Qur'an dari segala bentuk usaha tahrif (baca: perubahan) dari para musuh Islam. Meskipun sudah lebih dari Empat Belas abad, al-Qur'an dapat mempertanggungjawabkan ke-Otentikan-nya  sebagai kitab suci yang terjaga dan bebas dari segala bentuk perubahan.
Proses kodifikasi (tadwin) al-Qur'an dari masa Rasulullah saw, para sahabat, tabi'in dan seterusnya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan logis. Hal ini dikarenakan sifat orang arab yang terkenal akan kuatnya hafalan dan tradisi sanad dalam Islam. Maka benarlah apa yang telah dikatakan Umar bin Al-khattab radiya Allahu 'Anhu bahwa seandainya tidak ada sanad makan Agama ini akan hilang. Selengkapnya bisa di Download Power Point Presentation.

Author: MOHD ZACK

Assalamu'alaikum, Saya Penulis di blog ini, silakan Share jika tulisan ini bermanfaat. Terima Kasih atas kunjungan anda. Kritik dan saran silakan di poting di kolom komentar.

0 komentar:

E-mail Newsletter

Kirim alamat E-mail anda untuk mengikuti pembaruan dari kami.

Recent Articles

© 2015 Waajibaty | Distributed By Zacky | Created By Zacky
TOP